Rabu, 04 Juli 2012

Kandungan Gizi Bayam

Bayam, sayuran yang sangat gizinya bagi kehidupan dan kesehatan kita. Bayam merupakan tumbuhan yang di konsumsi daunya sebagai sayuran hijau, juga dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh kita. Selain dapat di konsumsi dengan di sajikan dalam bentuk sayur, kini bayam juga dapat di konsumsi dalam bentuk kerupuk/keripik yang sering di sebut dengan "Keripik Bayam" yang tentunya rasanya jauh lebih enak dari pada sayur bayam.

Keripik Bayam, selain rasanya yang enak dan gurih juga renyah, keripik bayam bayak di sukai di semua kalangan. Keripik Bayam kini sudah mulai di kenal, bahkan sudah banyak keripik bayam yang di jual di super market dengan harga yang cukup murah dan terjangkau.

Mungkin anda bertanya-tanya tentang bayam, mengapa bayam banyak di sukai semua orang??? jawabanya adalah, kandungan gizi di dalamnya yang sangat di perlukan oleh tubuh kita demi mencukupi asupan gizi yang maksimal tentunya untuk kesehatan tubuh kita.
Berikut ini adalah beberapa zat besi dan kandungan gizi yang terdapat pada Bayam:

Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain (zat besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga berguna bagi penderita anemia.

Bayam sebagai sumber yang baik bagi magnesium. Senyawa tumbuhan di dalam bayam meningkatkan sistem imun dan dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Bayam dimanfaatkan bijinya (bayam biji) sebagai sumber karbohidrat. Biji Bayam sekarang juga populer sebagai makanan diet karena tidak menyebabkan kegemukan.

Karotenoid yang ditemukan di dalam bayam: beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, mencegah penyakit penglihatan yang terkait dengan penuaan. Contohnya macular degeneration dan rabun senja, termasuk  penyakit jantung dan kanker tertentu.

Akar Tunggang Bayam juga dimanfaatkan sebagai Obat.

Description: Kandungan Gizi Bayam, Rating: 4.5, Reviewer: Unknown, ItemReviewed: Kandungan Gizi Bayam

0 komentar:

Posting Komentar